Selamat Datang MTs. Mambaul Ulum Bata-Bata

GUS (LORA) TOHIR, PROLOG MASA DEPAN

Oleh : KHOTIB MIFTAHUL UMAM 
Siswa Kelas 9 E 
Asal Tanjung Pegantenan Pamekasan         

RKH. Muhammad Tohir AH atau lebih dikenal Gus Tohir adalah pengasuh kelima Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata. Beliau adalah motivator yang intelejen dan idola bagi semua orang, karana beliaulah bata-bata mengalami perkembangan yang sangat pesat. Beliau pengasuh pertama yang mengayomi pesantren dengan mencampurkan salafy dengan dunia modern. Beliau orang yang sangat menekan di dalam pendidikan bahkan beliau menuntun para santri untuk berpendidikan tinggi dan tidak alasan untuk semua orang untuk berpendidikan, di pekan ngaji 5 beliau pernah berdawuh, ’’Memang kemiskinan adalah beban bagi pendidikan tapi kemiskinan bukan alasan untuk tidak berpdidikan’’.

Pemikiran beliau bukan hanya untuk memikirkan kemajuan pesantren saja tapi beliau juga memikirkan kemajuan negara ini dan juga beliau membuktikannya dipekan ngaji 5 dengan tema THINK GLOBAL ACT LOCAL dari situlah beliau menunjukkan bahwa beliaulah seseorang yang ber antisipasi di dalam kemajuan negara ini dengan cara berpendidikan, bahkan jendral Gatot Subroto mengakui beliau “Gus Tohir itu adalah orang yang cocok untuk menjadi pemimpin negara ini.’’ Dikutip dari dawuhnya.   RKH. Muhammad Tohir AH  itu bukan hanya seseoramg yang menjadi tokoh masyarakat tapi beliau juga orang yang sangat popular dan orang yang sangat diwanti-wanti oleh semua masyarakat di seluruh Indonesia dan luar negara.

Sebagai santri kita pasti bertanya-tanya dari sisi manakah beliau berjasa di dalam pendidikan kita belajar dari pekan ngaji, satu pekan kita tidak hanya menganggur hanya karna sekolah libur, tapi kita di satu pekan itu kita di isi oleh seminar di pematerikan oleh orang-orang yang berpendidikan tinggi bahkan di isi oleh orang luar negri. Oleh karna itu kita jangan beranggap seminar itu adalah hal yang membosankan, kita pikir sekali lagi jika kita bersungguh-sungguh dalam mengikuti seminar kita akan mengetahui hal-hal yang kita tidak ketahui, buat apa beliau susah-susah mengundang orang yang berwawasan luas kalau bukan untuk kita semua, supaya kita bisa menjadi seperti mereka semua karena itulah ke inginan beliau. Oleh karna itu maka kita sebagai santri harus mewujudkan cita-cita beliau.                                                                  

            Beliau tidak ingin para santri itu tertinggal dengan kemajuan-kemajuan dunia ini dengan mengadakan acara pekan ngaji beliau menunjukkan pada dunia pesantren juga bisa mengeluarkan bibit yang unggul untuk negara ini . pekan ngaji bukan hanya acara yang biasa saja tapi pekan ngaji adalah THE INTERNASIONAL EVENT yang sangat mengapresiasi bakat bagi seluruh santri, tidak hanya itu juga pekan ngaji juga di hadiri oleh tokoh-tokoh besar negara Indonesia dan luar negri menunjukkan bahwa bata-bata tidak hanya diakui oleh Indonesia tapi seluruh dunia. Kita sebagai santri  bata-bata harusnya bangga dengan apa yang kita peroleh.

“Selama kita masih bisa bernafas disitulah kita cari pendidikan yang setinggi-tingginya,” dawuh beliau. Sebagai santri kita jangan hanya menjadi pendengar yang baik saja tapi kita wujudkan keinginan beliau seperti apa yang beliau dawuhkan. Kita belajar dari kata-kata beliau bahwa pendidikan itu adalah kunci semua permasalahan khususnya untuk kemajuan sebuah negara apalagi Indonesia, jadi kita jangan sia-siakan masa belajar kita di pondok pesantren mambaul ulum bata-bata. RKH. Muhammad Tohir AH tidak pernah mensia-siakan hidupnya apalagi untuk pendidikan, tidak luput dari itu beliau juga bisa mengelola perekonomian bata-bata dengan baik dan benar contohnya beliau mendirikan homastas, tidak hanya itu beliau sempat akan mendirikan hotel homastas dan rumah sakit akan tetapi tidak sempat untuk menjadi sebuah kenyataan. Maka dari itu kita sebagai santrinya kita yang akan menjadi penggantinya kalau bukan kita siapa lagi.

Beliau adalah sosok motivator dan idola bagi semua orang, bukan orang Madura namanya kalau tidak kenal Gus Tohir karena itu beliau adalah sosok legenda yang sangat berarti bagi semua orang apalagi bagi santrinya, tidak terasa begitu cepatnya beliau lebih dahulu meninggalkan kita semua yang tidak siap untuk kehilangannya. Sebagai santri jika kita mencintai mengkomitmenkan seseorang kita harus mewujudkan apa keininginan orang tersebut. Oleh karna itu jika kita merindukan beliau menangis dan bersedih bukanlah solusi untuk itu tapi kita harus menbuktikan apa yang di inginkan oleh beliau. Kita harusnya berfikir perjuangan beliau untuk masa depan tidak berhenti begitu saja kita harus melanjutkan perjuangan itu, hal apalagi untuk membanggakan beliau kalau bukan untuk mewujudkan impiannya.

Pada tanggal 19 November 1863 Abraham Lincoln berpidato yang dimana pidato itu terkenal di amerika serikat yang terkenal dengan pidato gettysburg untuk memperingati perang saudara yang memakan 51.000 korban, dia mengatakan di dalam pidatonya ’’Dunia takkan lama atau banyak mengingat apa yang kita katakan disini, namun dunia takkan pernah melupakan apa yang di lakukan para pahlawan di sini. Kewajiban kita yang masih hidup adalah melanjutkan tugas mereka yang telah gugur agar kita dapat terus hidup.kita  harus mendedikasikan hidup kita guna meneruskan tugas di hadapan kita. Kita harus,mendedikasikan diri pada apa yang telah di bela oleh para pahlawan ini dengan segenap jiwa raga mereka. Dengan demikian para pahlawan ini tidak gugur sia-sia.’’  Dari perkataan Abraham tersebut kita belajar sebagai santri bata-bata berkewajiban untuk meneruskan apa yang telah beliau perjuangkan selama ini dengan mewujudkan impiannya agar kepergian beliau menjadi tidak sia-sia.

Sebuah kesedihan kita tidak akan terbayar jika kita terus diam diambang kesedihan, kita harusnya bayar kesedihan kita dengan mewujudkan sebuah keinginan itu dengan cara mencari pendidikan yang setinggi-tinginya dimana pun, kapan pun juga hingga kita keluar dari bata-bata. Kita lanjutkan keluar negri dan menyebar kemana-mana dengan menyebarkan kebaikan dan kemanfaatan sebagi mana tema pekan ngaji 6. Kita tunjukkan pada dunia santri bata-bata lah yang menjadi penyinar kelak di masa depan bagi negara dan bagi seluruh bumi ini kita tunjukkan kebangkitan islam dan pesantren yang sebenar-benarnya, melalaui kita sebagai santri.

Tidak berhenti di itu saja, beliau tidak pernah merasa puas di dalam pendidikan karna itu meskipun mempunyai gelar kiayi beliau masih belajar, seperti apa yang beliau katakan, ’’Ayo belajar, kalau bisa kalahkan saya tapi ingat! Saya tidak akan kalah.’’ Dari situlah kita belajar setinggi apapun pangkat kita, janganlah berhenti untuk terus berpendidikan karna pendidikan adalah kunci untuk masa depan kita meskipun jika kita sudah sukses nanti, beliau saja tidak berhenti untuk belajar meskipun beliau sudah sukses dan kaya apalagi kita yang hanya berstatus santri. Berbicara pendidikan 77 tahun Indonesia hanya menjadi negara yang berkembang karna kurangnya minat belajar para pemuda Indonesia oleh sebab itu kita yang harus memperbaiki itu semua, sebagai bibit unggul negara ini, biar dunia tahu santri bata-bata adalah daftar isi masa depan yang cemerlang dan RKH. Muhammad Tohir AH, sebagai prolog masa depan.

Share this post :

Posting Komentar

Komentar Anda

FansPage

Arsip Blog

Statistik Blog

Pengikut

Popular Post

 
Support : MTsMUBA | DownloadRPP | Bata-bata.net
Copyright © 2015. MTs. MAMBAUL ULUM BATA-BATA - All Rights Reserved
Template by OPMMUBA